Sulsel Tampung 198 Tenaga Kerja Asing, Terbanyak dari China

Senin, 5 Juli 2021 11:59

ilustrasi-- TKA Tiongkok. (Prokal.co/JPG)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Makassar mencatat, sebanyak 198 tenaga kerja asing (TKA) bekerja di sejumlah wilayah berbeda di Sulawesi Selatan.

Beberapa dari mereka bekerja di perusahaan strategis nasional. Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Makassar, Agus Winarto membenarkan hal itu.

“Ada dari China, Malaysia, Amerika Serikat, Jepang, Korea, dan lain-lain. Tapi yang banyak dari China,” katanya, Senin (5/7/2021).

Dari 198 TKA yang ada, lanjut Agus, 20 di antaranya yang baru-baru ini sempat menghebohkan publik lantaran tiba di Sulsel, saat pemerintah melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pada masa pandemi ini.

“Kalau yang 20 TKA ini, dia sudah tiba di Indonesia melalui Jakarta pada 25 Juni 2021, lalu ke Makassar. Jadi mereka datang sebelum PPKM,” tambahnya.

20 TKA ini sudah berada di Kabupaten Bantaeng. Namun masih menjalani isolasi mandiri selama 30 hari. Mereka pun belum digaji oleh perusahaan itu. Kalau tidak layak, akan dipulangkan ke negara asal.

“Mereka masih isolasi mandiri selama 30 hari, terhitung sejak awal kemarin mereka tiba di bandara di Makassar. Lalu mereka uji coba. Kalau layak, mereka dipakai (dipekerjakan),” tandasnya. (Ishak/fajar)

Bagikan berita ini:
7
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar