TKA China Masuk Sulsel, Wali Kota Makassar : yang Penting Taat Protokol

Senin, 5 Juli 2021 18:35

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Masuknya sejumlah tenaga kerja asing (TKA) ke Sulsel menuai sorotan banyak pihak. Pasalnya pemerintah pusat tengah melakukan PPKM darurat di Pulau Jawa dan Bali.

Merespons hal itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menganggap, kedatangan TKA asal China tersebut tidak serta merta dilihat dari sisi negatif. Apalagi negara Indonesia tidak melarang warga asing untuk masuk. Selama tidak menyalahi aturan.

“Kalau saya, kan otoritas bandara itu bukan pada Pemerintah Kota. Kemudian, tujuannya juga itu tidak di kota. Jadi bagi kami, ini negeri terbuka. Setiap orang bisa masuk ke sini yang penting dia taat protokol, taat hukum nasional kita, saya kira kita tidak perlu bereaksi berlebihan,”katanya, Senin (5/7/2021).

Apalagi, tujuan TKA ini untuk bekerja dan membangun Sulsel, maka dianggap sah-sah saja. Terlebih jika ada beberapa sektor yang tidak bisa dikerjakan oleh SDM dalam negeri. 

“Kecuali, hal-hal yang menyangkut tenaga kerja. Kita kan lagi kekurangan tenaga kerja, kalau hal-hal yang bisa dibuat anak negeri, kenapa harus orang luar. Tapi kalau anak negeri tidak bisa buat, kenapa juga kita menolak orang luar,”pungkas Danny.

Sebelumnya, 20 TKA tersebut merupakan karyawan perusahaan smelter di Kabupaten Bantaeng. Mereka ke Makassar pada Sabtu, 3 Juli 2021. TKA itu disebut-sebut telah mengantongi izin resmi dari pihak terkait soal kedatangan mereka di tanah Sulawesi. Bukti tanda bebas dari paparan Covid 19 juga telah diperlihatkan. (ikbal/fajar)

Bagikan berita ini:
8
4
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar