Dilarang dalam Masjid, Salat Iduladha Bakal Digelar di Lapangan

Selasa, 6 Juli 2021 19:29

Kondisi Pelaksanaan Salat Id di Rujab Wagub

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Zona oranye Covid 19 yang disandang Kota Makassar membuat pelaksanaan salat Iduladha tidak bisa digelar di masjid.

Meski begitu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengisyaratkan tetap akan menggelar salat Iduladha. Bukan di tempat ibadah, tetapi di lapangan. Sama seperti lebaran Idulfitri lalu.

Menurut Danny, salat Idulfitri sukses terlaksana tanpa adanya kenaikan kasus Covid 19. Padahal waktu itu Kota Makassar juga status zona oranye.

Artinya, lebaran Iduladha juga bisa terlaksana. Asalkan tidak mengabaikan protokol kesehatan.

“Di jalanan kan bukan rumah ibadah, saya menganggap bisa (salat Iduladha) selama protokol (kesehatan) itu ditegakkan,”ujarnya, Selasa (6/7/2021).

Bahkan Danny menyurati Kementerian Agama agar dapat melaksanakan lebaran Iduladha. Mengingat status zona oranye Kota Makassar tidak memenuhi syarat.

“Saya menuliskan surat ke Kemenag bahwa kita oranye tidak memenuhi syarat oranye. Saya boleh ditinjau kembali, Idulfitri kami juga oranye, kami menyelenggarakan dengan sangat baik,”pungkas Danny.

Sebelumnya, SE Menteri Agama, poin ketiga telah jelas memuat aturan untuk daerah Merah dan Oranye untuk tak menggelar Salat Iduladha.

“Salat Hari Raya Iduladha 10 Dzulhijah 1442 Hijriah /2021 Masehi dapat diadakan di lapangan terbuka atau di masjid/musala hanya di daerah yang dinyatakan aman dari Covid-19 atau di luar zona merah dan oranye, berdasarkan penetapan pemerintah daerah dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 setempat,” bunyi SE yang ditandatangani Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (ikbal/fajar)

Bagikan berita ini:
2
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar