Edukasi Cinta Rupiah, BI Sebut Bone Daerah Indeks Tertinggi Elektronifikasi Transaksi

Selasa, 6 Juli 2021 18:36

IST

FAJAR.CO.ID, BONE — Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulsel melaksanakan Road Show Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah dengan tema “Menebar Semangat Cinta Rupiah ke Penjuru Negeri” Di Gedung PKK Bone, Selasa (6/7/2021).

Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Sulsel, Iwan Setiawan mengutarakan, BI datang melakukan rapat koordinasi dengan Pemda Bone dalam konteks untuk mengimplementasikan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TPPDD) bersama pemda merumuskan road map apa yang dilakukan dengan ukuran yang jelas dan bisa direalisasikan secara nyata.

Selain itu mengindentifikasi bisnis model yang bisa dikembangkan, dan menjadi contoh untuk kabupaten lain. Bone juga tentu sudah memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan ekonomi keuangan digital daerah. Khususnya di Sulsel.

“Capaian dari indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP), Bone sudah berada pada posisi teratas. Sudah masuk di indeks digital. Bone sudah masuk level indeks tertinggi,” katanya.

Iwan membeberkan, UMKM yang sudah menggunakan alat pembayaran digital sudah lebih dari 3000 khusus Bone. “Untuk kabupaten sudah cukup maju,” tambahnya.

Kegiatan lain BI juga melakukan market intelijen untuk memastikan praktik-praktik perdagangan valuta asing dilakukan secara legal. Ini dalam konteks untuk menghindari money loundry.

Lalu memberikan edukasi kepada publik, ASN, guru, Pemda, Perbankan, dan masyarakat tidak saja memahami esensi pentingnya menjaga rupiah secara fisik.

Bagikan berita ini:
7
10
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar