Ikuti Langkah Amerika, Rocky Gerung Sarankan Ganti Presiden Maka Covid-19 Bisa Diatasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Pengamat Politik, Rocky Gerung mengatakan, Indonesia harus meniru langkah Amerika Serikat (AS) dalam penanganan Covid-19. Salah satunya yang membuat Covid mereda di negara adidaya itu adalah dengan menggantikan Presiden. Dari Donald Trump ke Joe Biden

“Amerika melakukan hal yang sebetulnya perlu kita lakukan yaitu ganti presiden. Jadi begitu ganti Presiden, covid-nya muda ditangani,” ucap Rocky Gerung dikutip kanal YouTube-nya, Selasa (6/7/2021).

Menurut Rocky Gerung, Joe Biden selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan. Biden kerap memberikan imbauan kepada masyarakatnya, tanpa harus ada bentak dan ancaman. Hal ini berbeda dengan di Indonesia. Para pejabat kerap menebar ancaman kepada masyarakat.

“Jadi kita belajar dari Amerika Serikat, tentang disiplin, tentang kemampuan presiden baru untuk menghimbau dan betul-betul dia merawat rakyatnya bukan membentak-bentak rakyatnya,” kata Rocky Gerung.

Rocky Gerung menyentil Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang meminta masyarakat tidak berkomentar macam-macam terkait penanganan Covid-19.

“Di Indonesia itu dilarang orang berkomentar, itu artinya pembungkaman demokrasi, covid dimanfaatkan pemerintah untuk membungkam orang berkomentar. Padahal orang ingin membangun solidaritas,” jelas dosen Filsafat ini.

“Jadi pemerintah sebetulnya lakukan semacam otoritarianisme karena mau mengendalikan opini dari dalan Istana saja,” sambungnya..

Pendapat serupa diutarakan oleh ekonomi senior, Rizal Ramli. Dia mengatakan bahwa Indonesia harus menjadikan AS sebagai pelajaran. Artinya, menurut Rizal Ramli, jika ingin Covid-19 terselesaikan, maka harus ganti Presiden Jokowi.

  • Bagikan