JK Blak-blakan Pengaruh Habib Rizieq: Tidak Banyak…

Selasa, 6 Juli 2021 10:38

Jusuf Kalla.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kekuatan Mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab diprediksi belum habis meski berada di balik jeruji besi. Apalagi menyongsong Pilpres 2024, Habib Rizieq diyakini akan memiliki peran penting di balik layar.

Terkait hal ini, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Zaki Mubarak pun angkat bicara. “Jika dia (Habib Rizieq, red) sedang menjalani hukuman, pengaruhnya berkurang, tetapi tidak hilang,” jelas Zaki Mubarak kepada GenPI.co, Minggu (4/7).

Menurut Zaki Mubarak, Habib Rizieq masih mempunyai banyak pasukan atau pengikut dan tidak sedikit yang militan. Selain itu, pengaruh Habib Rizieq sedikit banyak ditentukan oleh ada atau tidaknya kepemimpinan baru yang solid dan militan yang mampu menyatukan para pengikutnya.

“Sosok pemimpin baru itu juga harus mampu merepresentasikan suara dan kepentingan Habib Rizieq di ruang publik,” ungkapnya. Sementara itu, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mendadak mengungkapkan pengaruh Habib Rizieq Shihab pada Pilpres 2024.

Jusuf Kalla (JK) blak-blakan mengatakan, dukungan Habib Rizieq bukan menjadi penentu kemenangan seorang capres pada Pilpres 2024. “Berapa banyak sih yang bisa dipengaruhi Habib Rizieq? Tidak banyak,” jelas Jusuf Kalla dikutip GenPI.co dari YouTube BeritaSatu, Senin (5/7).

Jusuf Kalla pun menilai, pendukung atau pasukan Habib Rizieq memang militan, tetapi masih ada silent majority. “Lebih banyak silent majority yang menentukan, bukan gemuruhnya massa di jalan,” bebernya.

Bagikan berita ini:
9
5
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar