Keren, Pasien Covid-19 di Makassar Bakal Isolasi Mandiri di Atas Kapal

Selasa, 6 Juli 2021 19:01

ILUSTRASI Kapal Pelni. (jpg)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar punya cara unik dalam merawat pasien Covid 19. Mereka yang terkonfirmasi positif dan tidak bergejala bakal dirawat di atas kapal.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan pihaknya terlebih dahulu bakal memohon izin kepada pemerintah pusat dan PT Pelni untuk menggunakan kapal yang tidak beroperasi.

“Kami mengusulkan pada pemerintah pusat, kami sudah mengontak Kemenhub dan BUMN, daerah-daerah yang memiliki laut seperti Makassar,” ujar Danny, Selasa (6/7/2021).

Langkah ini tergolong baru, jika sebelumnya orang tanpa gejala melakukan isolasi di hotel, maka ini di atas kapal yang terapung di laut. Lokasinya sendiri mengambil tempat sekitaran Pantai Losari.

“Bisa dipinjamkan kapal Pelni yang sementara tidak beroperasi untuk dijadikan tempat isolasi mandiri (Isman) apung,” lanjutnya

Menurut Danny, alternatif kapal Pelni dijadikan ruang isolasi bagi pasien Covid-19 tak bergejala (asymptomatik) sangat relevan dengan beberapa pertimbangan rasional.

Seperti memiliki daya tampung lebih dari 1.000 tempat tidur dan bisa dilakukan beberapa program pemulihan di atas kapal.

“Kalau isolasi di hotel daya tampungnya sedikit, paling banyak kapasitas 100 kamar, kalau Kapal Pelni bisa lebih 1.000 tempat tidur,” katanya

“Isman bisa terukur, betul-betul isolated, lebih sistematis, dan yang tidak kalah penting bisa jauh dari pemukiman warga,” sambungnya.

Bagikan berita ini:
4
9
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar