UNICEF Apresiasi Gerakan PKK Sulsel dalam Penanganan Gizi Buruk

Selasa, 6 Juli 2021 19:11

IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — United Nations Childrens Fund (UNICEF) mengapresiasi gerakan Tim Penggerak PKK Sulsel dalam penanganan gizi buruk. TP PKK Sulsel dinilai sangat massif dalam mengkampanyekan bahaya stunting dan gizi buruk pada anak-anak.

“Kami mengucapkan terima kasih secara khusus kepada Ibu Naoemi Octarina, karena Tim Penggerak PKK Sulsel memberikan peran yang luar biasa dalam penanganan gizi buruk, khususnya stunting pada anak-anak,” kata Henky Widjaja, CFO UNICEF Sulawesi dan Maluku, pada Lokakarya Lintas Sektor Penguatan Program Pengelolaan Gizi Buruk Terintegrasi (PGBT) Tingkat Provinsi Sulsel, yang dilaksanakan secara hybrid, di Hotel Remcy Makassar, Selasa, 6 Juli 2021.

Henky memaparkan, Indonesia saat ini menghadapi triple burden gizi. Yaitu stunting, wasting, dan obesitas. Walaupun banyak kasus gizi buruk terjadi di masyarakat, namun yang mendapatkan perawatan masih rendah. Penyebabnya, akses pelayanan kesehatan masih terbatas, tidak semua kasus gizi buruk terdeteksi dini, hingga rendahnya pemahaman masyarakat tentang gizi buruk.

Pandemi Covid-19, kata Henky, juga bisa berpengaruh pada tingginya kasus gizi buruk. Kalangan menengah ke bawah, mengalami dampak ekonomi sehingga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan gizi anak. Selain itu, masyarakat juga membatasi akses ke fasilitas kesehatan. Sehingga, ada resiko peningkatan kasus gizi buruk dalam satu tahun belakangan ini.

Bagikan berita ini:
5
3
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar