Otoritas Pelabuhan Makassar Galakkan Mitigasi Resiko Cegah Penularan Covid-19

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Otoritas Pelabuhan Utama Makassar berupaya memastikan pelabuhan bebas dari penularan Covid-19. Mulai dari sosialisasi petunjuk pelaksanaan perjalanan atau aturan perjalanan orang dalam negeri, penertiban, hingga menggelar vaksinasi massal.

Hal tersebut merujuk pada SE Kementerian Perhubungan tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan atau aturan perjalanan Orang Dalam Negeri terdiri atas SE No. 43 Tahun 2021 untuk Transportasi Darat; SE No. 44 Tahun 2021 untuk Transportasi Laut; SE No. 45 Tahun 2021 untuk Transportasi Udara; serta SE No. 42 Tahun 2021 untuk Perkeretaapian.

Berdasarkan SE tersebut, Otoritas Pelabuhan Utama Makassar melakukan mitigasi resiko guna meminimalisir penyebaran virus Covid-19 serta varian baru Delta di moda transportasi laut atau di wilayah otoritas pelabuhan.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Bambang Gunawan mengatakan, upaya Otoritas Pelabuhan mencegah penularan virus ini adalah mensosialisasikan SE Kementerian Perhubungan tersebut. Lalu mensinergikan semua stakeholder yang ada di pelabuhan.

“Oleh karena itu OP melakukan sinergi dengan instansi yang berhubungan dengan wilayah kerja otoritas pelabuhan,” ungkapnya dalam gelaran Coffee Morning dengan tema Sinergitas Giat Kinerja Pelabuhan pada Masa Pandemi Covid-19 di Pelabuhan Makassar, di Rinra Hotel, Rabu (7/7/2021).

Di samping itu, pelabuhan Makassar juga terus berkomitmen melakukan deteksi dini bagi semua pihak yang bekerja di area pelabuhan, termasuk penumpang transportasi laut.

  • Bagikan