Tak Miliki Data Penyintas, PMI Makassar Keteteran Penuhi Permintaan Plasma Konvalesen

Rabu, 7 Juli 2021 17:54

Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — PMI Makassar sampai saat ini masih belum bisa memenuhi permintaan plasma konvalesen dari Rumah Sakit.

Permintaan plasma konvalesen semakin hari semakin banyak, sehingga membuat PMI Makassar keteteran.

Pekan ini saja permintaan dari beberapa daerah sudah 15, sedangkan PMI masih susah mendapatkan pendonor untuk plasma konvalesen.

Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal MI menyebut, kendala PMI menyediakan stok plasma konvalesen adalah minimnya data penyintas covid-19 di Makassar.

“Jadi itu, kalau kita dapat penyintas tidak semuanya bisa mendonor konvalesen, kita di Makassar saat ini perbandingannya dari 8 orang penyintas hanya 1 orang yang dapat mendonor,” ujar Ical.

Lebih lanjut, kata Ical, saat ini fasilitas di PMI Kota Makassar untuk penyediaan donor plasma konvalesen sudah cukup lengkap.

Hanya saja, kendala yang dihadapi adalah database penyintas yang masih belum lengkap.

“Kendala kita adalah kami tidak memiliki akses data penyintas covid-19. Data yang ada saat ini hanya data wisata covid yang hanya 1700-an orang, padahal yang pernah terkena lebih dari 20.000 orang,” lanjutnya.

Diketahui, Sampai sejauh ini PMI Kota Makassar sudah mendapatkan 60-an kantong plasma konvalesen sejak merebaknya pandemi covid-19. (zaki/fajar)

Bagikan berita ini:
1
5
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar