Setelah 5 Kali Gagal, Inggris Akhirnya Patahkan Kutukan Semifinal

Kamis, 8 Juli 2021 05:47

Sterling menjadi bagian penting dari kemenangan Inggris. (Foto: Getty Images via BBC Live)

FAJAR.CO.ID, LONDON—Timnas Inggris lolos ke babak final Piala Eropa 2020 setelah menyingkirkan Denmark di babak semifinal hari ini. Sukses ini sekaligus mematahkan kutukan semifinal The Three Lions.

Dalam laga yang berlangsung di Wembley, anak asuh Gareth Southgate menang tipis 2-1 dalam pertarungan yang berlangsung sepanjang 120 menit. Mereka sempat tertinggal lebih dulu sebelum membalikkan keadaan melalui bunuh diri Simon Kjaer dan gol Harry Kane.

Setelah juara Piala Dunia 1966, ini adalah final pertama Inggris di turnamen besar. Sebelumnya, babak semifinal memang menjadi momok bagi Tim Tiga Singa. Pada lima kesempatan di mana Inggris tampil untuk memperebutkan tiket final, mereka selalu menelan kekalahan.

Kutukan semifinal Inggris dimulai di Piala Eropa 1968 di mana Inggris kalah 1-0 dari Yugoslavia. Kesialan semifinal mereka kemudian berlanjut di Piala Dunia 1990. Menghadapi Jerman Barat di Delle Alpi, Turin, mereka takluk 3-4 dalam drama adu penalti.

Momok semifinal mereka berlanjut di Piala Eropa 1996. Lagi-lagi Jerman menjadi mimpi buruk mereka. Pada perebutan tiket final di Wembley Stadium, mereka kembali kalah 5-6 dalam adu tos-tosan di depan pendukung sendiri.

Mimpi buruk semifinal mereka berlanjut di Piala Dunia 2018. Dalam pertarungan yang berlangsung 120 menit, The Three Lions kalah 1-2 dari Kroasia di Rusia. Teranyar, kutukan semifinal mereka terjadi di UEFA Nations League 2018/2019. Bermain di Estádio D. Afonso Henriques, Guimaraes, mereka kalah 1-3 dari Belanda. (amr)

Bagikan berita ini:
2
1
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar