Aneh! Denda Tukang Bubur Rp5 Juta, McD Rp500 Ribu

Jumat, 9 Juli 2021 13:50

Tukang bubur di Tasikmalaya yang kena denda Rp 5 juta karena melanggar PPKM.

FAJAR.CO.ID, BANDUNG — Aturan PPKM Darurat di Indonesia dianggap aneh. Tukang bubur di Tasikmalaya didenda Rp 5 juta karena melanggar PPKM darurat. Sementara McDonald’s Bandung cuma didenda Rp 500 ribu.

Denda Rp 5 juta kepada tukang bubur bernama Sawa Hidayat itu menjadi sorotan publik.

Maklum, dia hanya pedagang kaki lima. Kesalahannya adalah membiarkan sejumlah warga makan di tempat.

Sawa kemudian terjaring operasi yustisi PPKM darurat pada Selasa (6/7).

“Sebelum penindakan, sudah diperingati dari yang jualan itu karena masih ada yang dine in, makan di tempat,” tutur Kasipenkum Kejati Jabar Dodi Gazali Emil, Kamis (8/7).

Setelah disosialisasi, keesokan harinya tim di lapangan melihat masih ada yang makan di tempat. Sementara Sawa mengaku belum ada sosialisasi soal aturan PPKM darurat.

Sawa pun diajukan sebagai terdakwa untuk menjalani sidang ditempat. Hakim memvonis Sawa dengan hukuman denda Rp 5 juta subsider lima hari kurungan.

Sawa dinilai melanggar Pasal 34 ayat (1) juncto Pasal 21 I ayat (2) huruf F dan G Perda Provinsi Jawa Barat Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perda Provinsi Jabar Nomor 13 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat.

“Pesan Pak Kajati juga tolong dipikirkan bagaimana hukuman itu tetap memberikan efek jera sehingga jadi pembelajaran masyarakat, namun tidak memberatkan,” tambah Dodi.

Bagikan berita ini:
7
10
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar