Solusi Rizal Ramli Tekan Covid-19, Lockdown Hingga Gunakan Gedung DPR Tempat Perawatan Pasien

Jumat, 9 Juli 2021 20:45

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Rizal Ramli memberi empat solusi untuk menekan lajunya Covid-19 di tanah air.

Pertama, pemerintah disarankan mengambil langkah taktis dengan menerapkan lockdown atau penutupan total wilayah setidaknya selama satu sampai dua bulan.

Sepanjang pemberlakuan lockdown itu, pemerintah harus menjamin makan dan obat-obatan untuk rakyat secara cuma-cuma.

“Itu yang terjadi di negara-negara lain yang berhasil mengendalikan Covid-19,” cetus Rizal Ramli dalam keterangannya, Jumat (9/7/2021).

Selanjutnya, pemerintah harus meningkatkan vaksinasi Covid-19 hingga tiga kali lipat dari yang dilakukan saat ini.

Kemudian mengalihfungsikan gedung DPR dan DPRD seluruh Indonesia untuk tempat perawatan pasien yang terinfeksi Covid-19, mengingat ruang perawatan di semua rumah sakit sangat terbatas.

Kalau-pun menggunakan hotel untuk isolasi mandiri pasien, biayanya juga sangat mahal.

“Daripada gedung dipakai anggota Dewan yang suka tidur dan menjadi yes-man, lebih baik digunakan untuk ruang perawatan pasien Covid-19. Kalau anggota dewan ingin rapat, kan bisa menggunakan aplikasi Teleconfrence, seperti Zoom atau Google Meet,” sebut Rizal Ramli.

Ekonom senior itu juga menegaskan kepemimpinan yang tegas dan terarah menjadi salah satu faktor penting dalam perang melawan Covid-19. (dra/fajar)

Bagikan berita ini:
4
8
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar