Hakim Jatuhkan Vonis 1,5 Tahun, Mark Sungkar: Seluruh Cabor Dipalak, Saya Dikriminalisasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Mark Sungkar, ayah Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar, menyatakan keberatan atas vonis yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap dirinya. Vonis itu sudah dibacakan pada Jumat (9/7) kemarin.

Hakim memutuskan Mark Sungkar bersalah dalam kasus korupsi dana Pelatnas Asian Games Triathlon 2018. Hakim menjatuhkan hukuman 1 tahun 6 bulan, meminta Mark Sungkar mengembalikan kerugian negara sebesar Rp694 juta, dan denda sebesar Rp50 juta atau satu bulan penjara apabila denda itu tidak dibayarkan.

Hakim dalam amar putusannya juga menyatakan Mark Sungkar sebagai tahanan kota yang kemungkinan sisa hukuman akan dijalani tidak di dalam penjara.

Mark Sungkar dengan tegas menyatakan keberatan dan kekecewaannya. Hal itu karena vonis tersebut tetap mendudukkan dirinya tetap sebagai seorang koruptor. Sementara Mark Sungkar menegaskan sama sekali tidak merasa melakukan tindak pidana korupsi.

“Seandainya malam ini diputuskan saya tahanan kota satu hari saja dan saya menerima, itu artinya saya menerima saya koruptor. Demi Allah saya tidak terima (korupsi) karena tidak ada yang saya nikmati,” kata Mark Sungkar di PN Jakarta Pusat usai sidang putusan, Jumat (9/7/2021).

Dia menegaskan dana yang diperoleh dari negara diberikan kepada yang berhak sesuai dengan aturan yang semestinya. Dana itu diberikan kepada pelatih, atlet, dan yang lainnya.

Mark Sungkar mengaku sangat kecewa pada aturan terkait pencairan keuangan yang diterapkan pihak Kemenpora yang kerap berubah. Menurutnya, andai ada kejelasan dari awal, pihaknya bisa mencarikan dana untuk menalangi kebutuhan selama sekitar satu tahun persiapan atlet dan pelatih.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan