Harga Tabung Oksigen Capai Rp1,5 Juta, Stok di Rumah Sakit Diklaim Aman

Sabtu, 10 Juli 2021 14:13

Ilustrasi-- Petugas membawa tabung oksigen di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Sardjito, Jogjakarta, Minggu (4/7). Kete...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tak hanya obat untuk penanganan Covid-19 di Apotek yang ditemukan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil VI melebihi di atas Harga Eceran Tertinggi (HET), tabung oksigen pun demikian.

Kepala KPPU Kanwil VI Makassar, Hilman Pujana, mengatakan pihaknya sudah melakukan pemantauan dan terpantau aman. Memang tak banyak yang dikomersilkan, hanya saja dia mendapati adanya kenaikan harga yang cukup signifikan.

Peredarannya pun sangat terbatas. Jika biasanya dijual dengan harga Rp700 ribu per tabung untuk 1 kubiknya, sekarang bisa mencapai Rp1,5 juta.

“Ketersediaan tabung oksigen dan obat Covid-19 di rumah sakit pun aman. Semua masih bisa dipenuhi kebutuhannya,” tambahnya, kemarin.

Hilman mengimbau, masyarakat tidak perlu panik dikarenakan pasokan obat dan oksigen di Rumah Sakit masih mencukupi.

“KPPU Makassar akan berkoordinasi dengan Direktorat Investigasi KPPU Pusat untuk melakukan penelusuran lebih lanjut,” tandasnya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sulsel, Nurul AR mengatakan stok untuk rumah sakit masih terbilang aman. Utamanya untuk ketersediaaan oksigen. Pihaknya terus memantau kondisi harian penggunaan oksigen di rumah sakit. “Pokoknya masih Aman. Tidak ada kekurangan. Kami update terus setiap hari. Yang pasti masih aman,” tegasnya. (ful-maj/ham-rif)

Bagikan berita ini:
10
10
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar