Preview Argentina vs Brasil: Mimpi Terakhir Messi

Sabtu, 10 Juli 2021 11:21

Latihan Neymar dkk jelang final Copa America 2020/Lucas Figueiredo/CBF

FAJAR.CO.ID, RIO DE JANEIRO—Lionel Messi mendapat kesempatan kelima mewujudkan mimpi mempersembahkan gelar untuk timnas senior Argentina saat menantang Brasil di final Copa America 2020, besok pagi. Tapi La Pulga tak boleh berpikir itu akan mudah.

Messi adalah superstar. Tidak ada yang meragukan klaim itu. Setumpuk gelar sudah ia persembahkan untuk karier hebatnya di Barcelona. Selain itu, ia meraih begitu banyak penghargaan indvidual, termasuk enam Ballon d”Or yang membuatnya dianggap sebagai pesepakbola terbaik sejagad.

Namun, lemari trofi Messi belum paripurna. Itu karena belum ada persembahan untuk timnas senior Argentina di antara ratusan trofi dan medali yang ia miliki. Sejauh ini, Messi baru meraih gelar juara Piala Dunia U-20 dan medali emas Olimpiade 2008 bersama timnas U-23.

Paceklik gelar internasional itu tentu saja mengejutkan. Pasalnya, Messi sebelumnya sudah tampil di empat Piala Dunia dan lima Copa America. Dari sembilan turnamen itu, prestasi terbaik La Pulga hanya berupa empat status runner up.

Di Copa America, Messi bersama Argentina kalah di final 2007, 2015, dan 2016. Pada edisi 2007, Argentina kalah 0-3 dari Brasil. Lalu, di Copa America 2015 dan Copa America Centenario 2016, mereka ditekuk Cile. Khusus di Piala Dunia, Argentina dikalahkan Jerman 2014 silam.

Makanya, masuk akal kalau Messi punya hasrat besar meraih gelar besok pagi di Maracana. Apalagi, boleh jadi ini akan menjadi Copa America terakhirnya. Messi Juni lalu sudah berusia 34 tahun dan sepertinya ia sudah cukup tua untuk tampil di ajang berikutnya. Kalau pun memang masih berpartisipasi, Messi kemungkinan bukan lagi pemimpin tim.

Bagikan berita ini:
3
8
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar