Top Skor, King Assist, Pemain Tercepat, Raja Tekel, dan Save Terbanyak Piala Eropa 2020

Sabtu, 10 Juli 2021 11:37

Yann Sommer menggagalkan peluang Kylian Mbappe. (Foto: Getty Images via BBC Live)

FAJAR.CO.ID, LONDON—Piala Eropa 2020 sudah memasuki babak final di mana Inggris akan menghadapi Italia di Stadion Wembley, Senin mendatang. Selain kampiun, statistik pemain juga menjadi perhatian jelang penutupan turnamen ini.

Status top skor sejauh ini masih dipegang Cristiano Ronaldo dengan lima gol. Jumlah golnya sama seperti Patrik Schick, namun pemain Republik Ceko itu kalah jumlah assist. Di belakang mereka ada Karim Benzema, Emil Forsberg, Romelu Lukaku, dan Harry Kane.

Karena Inggris lolos final, maka bisa dipastikan hanya Kane yang masih bisa mengejar Ronaldo. Syaratnya, ia harus mencetak dua gol saat menghadapi Italia. Pemain lainnya yang bisa mengejar CR7 adalah sayap Inggris, Raheem Sterling yang sudah mengoleksi tiga gol. Tapi ini tentu saja berat.

Untuk raja assist, sementara ini dipegang Steven Zuber. Pemain Swiss itu memberikan empat assist sepanjang turnamen. Ia menungguli Luke Shaw (Inggris) dan Pierre-Emile Hojbjerg (Denmark) yang sama-sama mencatatkan tiga assist.

Pemain dengan status raja tekel adalah gelandang Italia, Marco Verratti. Pemain berusia 28 tahun itu total sudah melakukan 21 tekel sepanjang pertandingan. Catatan Verratti cukup mengejutkan mengingat ia baru bermain 304 menit.

Gelandang Paris Saint Germain (PSG) itu harus absen di dua laga fase grup lantaran masih didera cedera. Selain itu, ia juga tidak bermain 90 menit ketika diturunkan pasca pulih. Dari 21 tekel yang ia lakukan, Verratti melakukan lima pelanggaran dan diganjar satu kartu kuning.

Bagikan berita ini:
1
1
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar