Covid Hunter Mesti Sinergi Lintas Daerah

Minggu, 11 Juli 2021 11:08

Anggota DPRD Sulsel, Andi Januar Jaury Dharwis.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar tidak boleh dibiarkan sendiri dalam upayanya mengendalikan laju penularan covid-19 ini. Dukungan lintas kabupaten seperti Maros dan Gowa harus berjalan.

Anggota DPRD Sulsel, Andi Januar Jaury Dharwis menyampaikan, meskipun kebijakan darurat telah diterapkan dalam bentuk PPKM Mikro, namun oleh Wali Kota Makassar, Muh Ramdhan Pomanto, dimaknai sebagai perintah UU dalam rangka preventive Kota Makassar, untuk tetap terjaga statusnya yang berada di antara hijau-orange.

“Program Makassar Recovery berupaya mengetahui secara detail keberadaan masyarakat yang terpapar,” kata Januar.

Terutama wilayah yang rentan terjadi penularan, serta perawatan terhadap pasien positif. Karenanya hal itu tidak cukup tanpa dukungan kewenangan perlintasan masyarakat lintas kabupaten /kota.

Saat Pemkot Makassar telah berhasil mengendalikan pandemi di wilayahnya, tapi tidak memiliki kewenangan mengontrol arus keluar masuk masyarakat baik regional maupun domestik.

“Tentu akan sia sia upaya tersebut dengan anggaran yang tidak sedikit,” katanya.

Pemerintah provinsi yang berwewenang mengendalikan arus keluar masuk lintas kab/kota harus segera bertindak bersama satuan tugas lainnya untuk koordinir seluruh daerah dalam rangka screening perlintasan dalam cakupan wilayah provinsi.

Akhirnya di seluruh kab/kota juga akan mempersempit area pemantauan dan pengendalian sehingga terintegrasi kesamaan data perpindahan masyarakat dalam satu titik ke titik lainnya.

Bagikan berita ini:
3
6
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar