Manusia Zaman Now, Lihat Kebakaran, Eh! Malah Eksis di Sosmed

Minggu, 11 Juli 2021 17:36

foto: Ishak/fajar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kebakaran yang melanda sejumlah rumah di dua lokasi yang berbeda, yang saling berdekatan di Jalan Urip Sumohardjo 1 dan Jalan Langgau Lorong 8, Kota Makassar.

Informasi sementara, ada sekitar enam rumah yang terbakar. Warga sekitar pun memadati lokasi itu, Minggu siang (11/7/2021). 

Sebagian besar dari mereka enggan membantu petugas untuk memadamkan api. Mereka justru memilih aktif di sosial media, daripada turun langsung memadamkan api. 

Bahkan yang terpantau jurnalis Fajar.co.id di lokasi kejadian, satu dari sekian banyak warga yang memilih aktif di sosial media, justru asyik melakukan video call dengan kerabatnya dengan ponsel miliknya. Mereka tak peduli dengan kepedihan petugas yang bersusah payah memadamkan api, yang disertai kepulan asap hitam yang pedih di mata. 

Entah apa yang ada di pikiran mereka, yang memilih aktif di media sosial daripada di dunia nyata. Mereka juga hanya mengerumuni lokasi, dan membuat petugas sulit untuk sampai ke lokasi kejadian.

Komandan Kompi 3 Damkar Makassar, Rustam Jufri, membenarkan bahwa pihaknya kerap mendapat kendala selama memadamkan api, di kawasan padat pemukiman penduduk itu. 

“Ini memang sering terjadi sebagai kendala di lokasi. Banyak sekali kerumunan warga,” katanya kepada wartawan. 

Hingga saat ini pukul 16.36 WITA, api sudah berhasil dipadamkan. Pihak Damkar Makassar tengah melakukan pendinginan di enam rumah yang terbakar. 

Bagikan berita ini:
6
8
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar