Perpustakaan dan Sebuah Ingatan Tentangnya

Minggu, 11 Juli 2021 11:45

Oleh: Darmawati Majid

Hari Pustakawan yang diperingati setiap 7 Juli selalu melayangkan ingatan saya pada Kathleen Kelly, pemilik toko buku kecil di salah satu pojok kota New York, dalam film You’ve Got Mail. Ada adegan ia menerakan buku-buku perihal sepatu kepada seorang ibu yang kebingungan di sebuah toko buku. Toko buku yang sama yang memaksa Kathleen menutup toko bukunya sendiri.

Film garapan Nora Ephron dan dibintangi Meg Ryan sebagai Kathleen Kelly dan Tom Hanks sebagai Joe Fox itu membuat saya berandai-andai, kalau saja semua pemilik toko buku seperti Kathleen dan semua karyawan toko buku seperti mereka yang bekerja di The Shop Around The Corner, orang-orang yang menganggap buku adalah hal yang personal. Saya lanjut berkhayal kalau saja penjaga perpustakaan (dikerenkan istilahnya dengan nama pustakawan) mencintai buku seperti Kathleen, saya yakin dan percaya, keramaian perpustakaan bisa bersaing dengan keriuhan mal. Tidak ada lagi tatapan bingung ketika kita mencari sebuah judul. Ia tidak hanya mengingat kode rak dan letak buku yang kita cari, tetapi mampu merekomendasikan buku terbaik, menjelaskan isinya semudah bernapas. Sayangnya, kebanyakan yang kita hadapi (terutama di perpustakaan milik negara) adalah orang-orang yang terpaksa berada di sana.

Akan tetapi, berandai-andai kapan wabah ini berakhir sepertinya jauh lebih masuk akal. Apalagi mempertanyakan andil pemerintah dalam menghadirkan perpustakaan yang memadai dan menyenangkan, juga sosok pustawakan ideal ke tengah-tengah kita.  Ini masa sulit. Jauh lebih penting membahas bagaimana bertahan hidup daripada bicara soal itu. Penyadaran akan bahaya Covid-19, reklamasi pantai, anak jalanan, pengurai kemacetan, dan bertumpuk-tumpuk persoalan lain, semua memaksa diprioritaskan. Urusan mencerdaskan dan meningkatkan kecakapan hidup masyarakat  agar berdaya diserahkan pada usaha orang per orang, keluarga per keluarga, sekolah per sekolah, komunitas per komunitas.  

Bagikan berita ini:
9
8
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar