KPK Serahkan Berkas Perkara Nurdin Abdullah ke PN Makassar

Senin, 12 Juli 2021 10:39

KPK Serahkan Berkas Perkara Nurdin Abdullah ke PN Makassar. (Zaki/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Tersangka gratifikasi proyek infrastruktur Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah (NA) dan mantan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Edy Rahmat akan disidang di Makassar.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas perkara ke Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Senin, (12/7/2021).

Pantauan fajar.co id, JPU KPK turun dari mobil dengan membawa tiga kardus putih. Kardus tersebut berisikan berkas perkara NA dan Edy yang akan diserahkan ke pihak PN Makassar.

Sebelumnya, tim penyidik KPK telah menyelesaikan penyidikan terhadap dua tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pengadaan barang dan jasa, perizinan dan pembangunan infrastruktur di Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Tahun Anggaran 2020-2021.

Tersangka dimaksud yakni Gubernur Sulsel nonaktif Nurdin Abdullah dan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel Edy Rahmat.

Terkait kasus ini, KPK sudah menetapkan tiga orang sebagai tersangka. Mereka ialah Nurdin, Edy Rahmat, dan Direktur PT Agung Perdana Bulukumba, Agung Sucipto. Agung sudah lebih dulu diadili.

Nurdin diduga menerima suap dan gratifikasi senilai Rp5,4 miliar dari beberapa kontraktor, satu di antaranya adalah dari Agung. Lembaga antirasuah saat ini diketahui juga tengah mengusut dugaan keterlibatan pihak lain setelah mengendus adanya aliran uang dari Nurdin.(zaki/fajar)

Bagikan berita ini:
10
3
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar