Lois Cekal

  • Bagikan

Oleh: Dahlan Iskan

PODCAST itu hanya tayang sebentar di YouTube. Hanya lima jam. Sabtu sore lalu. Tapi yang melihatnya sudah mencapai 1 juta orang. Heboh. Dicekal.

Pukul 20.00, kemarin malam, YouTube menghapus podcast tersebut. Anda tidak bisa lagi mengaksesnya. Hanya saja copy podcast itu masih terus viral.

Sampai kemarin sore saya masih dikirimi banyak orang: minta konfirmasi apakah isi podcast itu bisa dipercaya.

Begitu luas pengaruh podcast itu.

“Setelah podcast saya dicabut, saya dicekal oleh YouTube. Selama satu minggu tidak boleh upload,” ujar Babeh Aldo, si YouTuber itu.

Waktu menonton podcast kiriman itu saya tertawa berkali-kali. Lalu saya cari si Babeh Aldo. Ketemu.

Kemarin petang saya telepon Aldo: lagi di rumahnya di Karawang. Yang juga menjadi studio podcast-nya.

Isi podcast Aldo umumnya mengenai berita yang lagi aktual. Babeh Aldo memang aktif mereaksi keadaan. Hari itu ia melihat video dr Lois. Yang lagi diwawancarai pengacara top Hotman Paris Hutapea. Yang viralnya luar biasa.

“Lalu saya mengerahkan anak-anak untuk mencari nomor telepon dr Lois,” ujar Babeh Aldo. “Saya cari-cari juga lewat Twitter. Saya beri judul yang agak bombastis: gua cari lu!” ujarnya.

Akhirnya Aldo mendapat nomor WA dr Lois dari netizen. “Saya WA tidak jawab. Saya telepon juga tidak diangkat,” ujar Aldo.

Jumat malam lalu Aldo baru bisa kontak. Tapi, kata Aldo, Lois masih sibuk menerima pasien Covid. Lois baru bisa podcast Sabtu sore. Pukul 13.30. Selama 30 menit.

Pukul 15.00 podcast itu diunggah ke YouTube. Hanya berumur lima jam. Pukul 20.00 dicabut oleh YouTube.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan