Agung Sucipto Hanya Dituntut 2 Tahun dan Denda 250 Juta Rupiah

Selasa, 13 Juli 2021 15:12

Agung Sucipto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut terdakwa Agung Sucipto dengan tuntutan 2 tahun penjara dan denda sebesar 250 Juta Rupiah.

Penyuap Gubernur Sulsel Noanktif, Nurdin Abdullah itu dikenakan UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah menjadi UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberatasan Tindak Pidana Korupsi.

Ia dikenakan Pasal 5 (1) UU Tipikor Jo Pasal 64 (1) KUHP, dengan ancaman penjara minimal 1 tahun dan maksimal 5 tahun dan denda maksimal Rp250 juta.

Saat diwawancarai, JPU KPK Muhammad Asri menyebut tuntutan itu sudah wajar, sebab terdakwa Agung Sucipto kooperatif pada saat sidang. Sehingga tuntutan itu sudah wajar.

“Kita harus melihatnya secara konfrehensif dan saya mengapresiasi agung Sucipto yang sangat terbuka, beda lah dengan pemberi suap yang lain yang menutup-nutupi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Asri menyebut pihaknya mempertimbangkan banyak hal untuk memutuskan tuntutan tersebut. Sebab hukum di Indonesia tidak seperti hukum Anglosaxon.

“Saya pikir ini wajar-wajar saja, di Indonesia ini bukan seperti Anglosaxon yang harus sama perkara yang satu dan perkara yang lain, jadi banyak pertimbangan-pertimbangan,” lanjutnya.

Kendati demikian, ia percaya kasus ini akan membuka tabir kasus-kasus lain yang berhubungan dengan kasus ini.

“Ini akan membuka tabir kasus-kasus lain,” pungkasnya. (Zaki/fajar)

Bagikan berita ini:
1
10
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar