Tagihan Perawatan Pasien Covid-19 di Makassar Tembus Rp1,7 T

Selasa, 13 Juli 2021 13:42

Ilustrasi situasi ruang perawatan pasien Covid-19 di Wisma Atlet, Jakarta. (Hafidz Mubarak/Pool/AFP)

Aruddini tak menampik jika ada problem dari pendanaan anggaran perawatan pasien Covid-19 yang belum tersalurkan. Bukan hanya tahun ini, tetapi juga tahun sebelumnya.

“Dalam anggaran penanganan pasien, tentu ada suatu problem. Sehingga mau tidak mau kami harus tanggulangi. Apalagi, proses keuangannya membutuhkan proses administrasi,” ucapnya.

Dari laporan keuangan tahun lalu, utang Kemenkes dalam penanganan pasien Covid-19 di RSKD Dadi masih ada Rp14 miliar.

Verifikasi BPJS

Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Nur Rochman, mengatakan total klaim perawatan Covid-19 di angka Rp1,7 triliun. Itu untuk 30 rumah sakit di Makassar.

“Proses verifikasi klaim Covid-19 berjalan dengan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pihak rumah sakit mengajukan klaim Covid-19 secara periodik,” katanya.

Kemudian BPJS Kesehatan melakukan verifikasi dalam waktu 14 hari sejak berkas diterima secara lengkap. Angka klaim itu muncul untuk rekapitulasi pembiayaan klaim Covid-19 selama 2020-2021.

Pada dasarnya, pengajuan klaim biaya Covid-19 mencakup data diri dan identitas pasien. Lalu, biaya yang timbul dari setiap pelayanan yang diberikan pihak RS.

Bagikan berita ini:
6
5
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar