Tim Detektor Terstigma Negatif, Banyak Warga Menolak

  • Bagikan

"Ada sisi bagusnya tetapi saat ini sangat tidak tepat karena sekarang waktunya kan dibatasi berkunjung ke rumah orang," ucapnya.

Dia melanjutkan, kalau tim ini dibentuk untuk screening Covid-19, sebaiknya ada alat dan rangkaian interview - untuk screening Covid-19 yang authorized dan standardized untuk screening berbasis populasi.

Pakar Kesehatan Universitas Hasanuddin Makassar, Prof Idrus Paturusi juga menyoroti. Awalnya ia mengapresiasi program detektor tersebut sebab dianggap membantu melakukan traking ke keluarga pasien yang terkonfirmasi positif.

Namun, setelah melihat cara kerjanya, menurut Idrus ternyata diluar ekspektasi. Sangat tidak masuk akal. "Saat masyarakat diperiksa tekanan darahnya dengan mengunjungi rumah warga, detektor ini justru membuat kerumunan dan tidak taat protokol kesehatan," ucapnya.

Sudah Perisak 48.587 Orang

Pemerintah Kota Makassar mencatat kerja tim detector. Temuan di lapangan banyak ditemukan memiliki saturasi oksigen sangat rendah.

Dari kerja satuan tugas (Satgas) Detekto, sekitar 48.587 orang yang telah melakukannya pemeriksaan. Mereka yang berada di bawah saturasi ada sekitar 2.522 orang.

Saturasi oksigen merupakan ukuran persentase oksihemoglobin atau hemoglobin yang terikat oksigen dalam darah. Saturasi oksigen juga menjadi parameter penting untuk menentukan kandungan oksigen darah dan pengiriman oksigen.

Untuk orang dewasa, kisaran normal satuasi oksigen arteri (SaO2) adalah 95–100 persen. Kurang dari 90 persen maka dianggap rendah dan membutuhkan tambahan oksigen eksternal.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan