Ballon d’Or: Messi vs Jorge

Rabu, 14 Juli 2021 15:35

Jorginho/Getty Images via BBC Live

FAJAR.CO.ID, ROMA—Musim 2020/2021 ditutup dengan gelaran Piala Eropa dan Copa America. Hasil dua turnamen tersebut diklaim menjadi penentu Ballon d’Or tahun ini dengan nama Lionel Messi dan Jorginho kini menjadi kandidat terkuat.

Messi dan Jorginho menjadi tulang punggung negaranya di turnamen musim panas yang baru saja berakhir. Messi memimpin Argentina meraih gelar Copa America 2020 di Brasil. Sementara Jorginho bersama Italia menggondol gelar Piala Eropa 2020 di London, Inggris.

Seperti biasa, Messi menjadi favorit utama untuk penghargaan individual paling bergensi sejagad tersebut. Meski di level klub hanya mampu mempersembahkan trofi Copa del Rey, penyerang 34 tahun itu menjadi aktor utama sukses Argentina mengakhiri dahaga gelar mereka yang sudah berlangsung selama 28 tahun.     

Pada ajang sepak bola terbesar Amerika Selatan itu, Messi mencetak empat gol dan lima assist. Catatan luar biasa tersebut menasbihkan La Pulga sebagai top skor sekaligus pemain terbaik turnamen.

Superstar tanpa klub itu total melakoni 47 pertandingan sepanjang tahun ini dengan mencetak 38 gol dan 14 assist, serta 26 penghargaan man of the match. Dia juga menyelesaikan La Liga Santander sebagai Pichichi alias top skor.

Torehannya itu membuat Messi mengungguli bintang besar lainnya seperti Cristiano Ronaldo, Kylian Mbappe, Neymar, hingga Robert Lewandowski. Nama terakhir meraih gelar Bundesliga, memecahkan rekor pencetak gol, dan menyabet Sepatu Emas Eropa, tapi mengecewakan di EURO 2020.

Bagikan berita ini:
8
4
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar