Ballon d’Or: Messi vs Jorge

  • Bagikan
Jorginho/Getty Images via BBC Live

Dengan demikian, penantang terkuat Messi dalam perebutan Ballon d’Or tahun ini adalah Jorginho. Pemain bernama lengkap Jorge Luiz Frello Filho itu tak hanya memenangi Piala Eropa, namun juga meraih gelar Liga Champions bersama Chelsea.

Liga Champions dan kompetisi internasional cenderung sangat menentukan pemenang Ballon d'Or. Makanya, mantan pemain Napoli itu dianggap penantang paling serius bagi Messi. Bahkan, tidak sedikit yang menempatkan namanya di depan Messi sebagai yang terbaik di dunia tahun 2021 ini.

Gelandang kelahiran Brasil, 20 December 1991 itu bukan sekadar pengisi podium juara. Ia memang tampil luar biasa bersama Gli Azzurri dan The Blues. Di timnas, posisinya di lini tengah tidak tergantikan oleh siapapun.

Jorge memainkan tujuh pertandingan dan menjadi jenderal lapangan tengah Italia sepanjang turnamen. Akurasi passingnya mencapai 93% dan ia tercatat sebagai pemain dengan daya jelajah terbaik. Total ia berlari sejauh 86,6 km dalam tujuh laga yang dimainkannya.

Begitu juga di Chelsea. Trofi Liga Champions kembali ke Stamford Bridge berkat performa apik pemain 29 tahun tersebut. Tak hanya menjadi kekuatan lini tengah dan kapten kedua The Blues, ia juga kreator gol dan algojo penalti utama klub London Barat tersebut.

Dari segi raihan trofi, Jorginho jelas berada di atas Messi. Makanya, rekannya di Italia, Lorenso Inzigne sangat yakin Jorginho lebih dari pantas untuk mendapatkan penghargaan Ballon d’Or tahun ini.

"Saya bukan orang yang memutuskan apakah dia pantas mendapatkan Ballon d'Or, tapi saya harap dia akan masuk daftar. Dia pantas mendapatkannya, dia adalah pemain hebat. Saya memanggilnya 'Profesor' dan kami semua senang bermain dengannya," kata striker Napoli itu dikutip dari Goal.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan