Ganjar Pranowo Usul Pertanggungjawaban Vaksinasi kepada Gubernur

Rabu, 14 Juli 2021 19:17

Ganjar Pranowo

FAJAR.CO.ID, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberi usulan kepada pemerintah pusat terkait pertanggungjawaban vaksinasi kepada gubernur. Ini agar percepatan vaksinasi bisa berjalan secara lebih tepat dan sesuai kebutuhan wilayah.

Gubernur Ganjar mengikuti rakor evaluasi perkembangan vaksinasi di Jawa Bali dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual, Rabu (14/7). Dalam rakor tersebut kembali ditegaskan agar daerah bisa mempercepat vaksinasi untuk mencapai herd immunity.

Pada kesempatan itu, Ganjar mengusulkan untuk seluruh koordinasi vaksinasi diserahkan kepada gubernur-gubernur. Ini agar distribusi vaksin bisa lebih tepat di wilayah yang membutuhkan.

“Gubernur aja suruh pertanggungjawaban seluruhnya. Sehingga kalau nanti itu bisa dilakukan, akan bisa kita distribusikan sesuai dengan, satu jumlah penduduk, dua wilayahnya, dan tiga kecepatan yang menunjukkan komitmen dari kepala daerah setempat,” tutur Ganjar di sela-sela rakor.

Ganjar menyebutkan, di beberapa wilayah di Jateng, dosis yang tersedia tak sebanding dengan antusiasme masyarakatnya yang ingin mengikuti vaksinasi. Itu di antaranya terjadi di Kota Semarang dan Grobogan.

Untuk mengatasi itu, Jateng berinisiatif dengan mengalihkan alokasi vaksin daerah yang cakupan vaksinnya rendah serta mengirimkan dosis vaksin yang dimiliki pemprov.

“Seandainya konsep ini disetujui, yang bertanggung jawab sepenuhnya itu gubernur, gubernur yang melakukan kontrol, sehingga semua bisa menjadi subkoordinasi. Maka vaksinasi ini akan lebih cepat,” ucap Ganjar.

Bagikan berita ini:
10
7
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar