Pemprov Sulsel Sebut Kongkalikong dalam Proses Lelang Proyek Berkurang

Rabu, 14 Juli 2021 09:25

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) mengklaim kongkalikong dalam proses lelang proyek di lingkup pemerintah provinsi berkurang.

Menurutnya tingkat peserta lelang bisa dilihat jauh lebih meningkat. Ini bisa dilihat dari angka sanggahan menurun. Hal ini kata dia juga tidak terlepas dari adanya pembenahan yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel.

“Tingkat kepuasan peserta lelang jauh lebih tinggi. Kemudian saya melihat angka sanggahan menurun. Kemudian jumlah uang yang kita efisiensikan akibat tender juga menjadi semakin tinggi, semakin banyak. Itu adalah tolak ukur bahwa terjadi persaingan dengan baik. Terus yang kedua sanggahan menurun, yang ketiga kita lakukan efisiensi pengelolaan anggaran. Karena orang mulai bersaing dari sisi penawaran,” katanya kepada Fajar.co.id, Rabu, (14/7/2021).

Terpisah, Asisten II Bidang Ekonomi, Muhammad Firdha menyebutkan, Pemprov akan memberikan kesempatan kepada para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk ikut tender proyek.

Untuk itu kata dia, perlu menyosialisasikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan oleh para peserta tender termasuk UMKM. Apalagi, UMKM sudah bisa ikut sebagai peserta tender dengan nilai hingga Rp15 miliar.

Bagikan berita ini:
6
1
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar