Varian Delta Menyerang, Charles Honoris: Antisipasi Lewat Skenario Terburuk di Luar Jawa Adalah Sebuah Keharusan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris mengajak seluruh pihak makin merapatkan barisan menghadapi COVID-19.

Terutama varian Delta yang disebut mulai menyerang, Charles meminta setiap provinsi menyiapkan skenario terburuk, termasuk daerah di luar Pulau Jawa dan Bali.

Menurut Charles, terdeteksinya penyebaran varian delta COVID-19 ke sejumlah daerah di luar Jawa-Bali harus segera diantisipasi.

"Kita berharap badai penularan varian delta ini tidak terjadi di luar Jawa. Namun, belajar dari lonjakan kasus penularan COVID-19 di Jawa, antisipasi lewat skenario terburuk di luar Jawa adalah sebuah keharusan," ujar Charles dalam keterangannya, Rabu (14/7).

Pemerintah, menurut dia, harus memastikan sarana dan prasarana kesehatan di seluruh provinsi siap untuk menghadapi potensi lonjakan kasus COVID-19.

Ketersediaan oksigen, obat-obatan dan tempat tidur di seluruh fasilitas kesehatan luar Jawa harus disiapkan untuk menghadapi lonjakan penularan COVID-19 yang juga berpotensi melanda provinsi-provinsi di luar Jawa.

Gelombang kedua penularan COVID-19 yang terjadi belakangan ini, menurut Charles, sudah membuat sistem kesehatan di Pulau Jawa hampir lumpuh.

"Di Pulau Jawa sedang menghadapi situasi di mana fasilitas kesehatan sudah kewalahan, obat-obatan COVID-19 sulit didapatkan, dan stok oksigen juga langka," katanya.

Harus disadari kapasitas fasilitas kesehatan di luar Pulau Jawa secara umum tidak sebaik di Jawa.

Sehingga, kata dia jika penyebaran varian delta di sejumlah daerah luar Jawa tidak diantisipasi dengan baik, lonjakan jumlah kasus akan membuat sistem kesehatan di wilayah tersebut berpotensi lumpuh.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan