Varian Delta Menyerang, Charles Honoris: Antisipasi Lewat Skenario Terburuk di Luar Jawa Adalah Sebuah Keharusan

Rabu, 14 Juli 2021 22:53

FOTO: FAISAL R. SYAM / FAJAR INDONESIA NETWORK.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris mengajak seluruh pihak makin merapatkan barisan menghadapi COVID-19.

Terutama varian Delta yang disebut mulai menyerang, Charles meminta setiap provinsi menyiapkan skenario terburuk, termasuk daerah di luar Pulau Jawa dan Bali.

Menurut Charles, terdeteksinya penyebaran varian delta COVID-19 ke sejumlah daerah di luar Jawa-Bali harus segera diantisipasi.

“Kita berharap badai penularan varian delta ini tidak terjadi di luar Jawa. Namun, belajar dari lonjakan kasus penularan COVID-19 di Jawa, antisipasi lewat skenario terburuk di luar Jawa adalah sebuah keharusan,” ujar Charles dalam keterangannya, Rabu (14/7).

Pemerintah, menurut dia, harus memastikan sarana dan prasarana kesehatan di seluruh provinsi siap untuk menghadapi potensi lonjakan kasus COVID-19.

Ketersediaan oksigen, obat-obatan dan tempat tidur di seluruh fasilitas kesehatan luar Jawa harus disiapkan untuk menghadapi lonjakan penularan COVID-19 yang juga berpotensi melanda provinsi-provinsi di luar Jawa.

Gelombang kedua penularan COVID-19 yang terjadi belakangan ini, menurut Charles, sudah membuat sistem kesehatan di Pulau Jawa hampir lumpuh.

“Di Pulau Jawa sedang menghadapi situasi di mana fasilitas kesehatan sudah kewalahan, obat-obatan COVID-19 sulit didapatkan, dan stok oksigen juga langka,” katanya.

Harus disadari kapasitas fasilitas kesehatan di luar Pulau Jawa secara umum tidak sebaik di Jawa.

Bagikan berita ini:
1
1
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar