Harga Rp2,9 Triliun, Dortmund Cuek Soal Haaland

Kamis, 15 Juli 2021 15:38

Foto: Getty Images via BBC Live

FAJAR.CO.ID, LONDON—Penyerang Norwegia, Erling Haaland menjadi temain paling diburu di bursa transfer musim panas 2021 ini. Tidak akan mudah mendapatkan tanda tangannya karena bomber 20 tahun itu berharga selangit.

Transfermarkt per 9 Juni 2021 mencantumkan angka Rp2,259 triliun untuk harga pasar pemain Borussia Dortmund tersebut. Sementara klaim legenda Norwegia, Jan Age Fjortoft menyebut klub peminat Haaland harus menyiapkan 175 juta euro atau sekitar Rp2,995 triliun.

Jika ada klub yang benar-benar bisa menebusnya dengan jumlah tersebut, Haaland akan menjadi pemain termahal kedua dalam sejarah transfer sepak bola. Ia hanya kalah dari Neymar yang dibeli Paris saint Germain (PSG) dengan harga Rp3,4 triliun dari Barcelona 2017 silam.

Namun, angka itu memang pantas bagi Haaland meski Dortmund hanya menebusnya dengan angka 17 juta poundsterling atau sekitar Rp341 miliar dari RB Salzburg Januari tahun lalu. Di usianya yang masih sangat muda, ia sudah menjadi predator yang digadang-gadang kelak akan meneruskan kebintangan Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, hingga Zlatan Ibrahimovic.

Catatan gol Haaland dalam tiga musim tahun terakhir bersama RB Salzburg dan Dortmund melebihi ekspektasi siapapun. Di Salzburg, pemain kelahiran Leeds, Inggris, 21 Juli 2000 tersebut mencetak 29 gol dalam 27 pertandingan.

Sedangkan di Dortmund yang membelinya dengan harga murah, ia total melesakkan 57 gol dan 15 assist dalam 59 pertandingan. Khusus musim lalu, ia mencetak 27 gol plus enam assist dalam 29 laga. Itu adalah angka yang nyaris tidak masuk akal.

Bagikan berita ini:
8
1
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar