Plt Gubernur Sulsel Paparkan Inovasi GESIT-19 di Hadapan Tim Panelis KIPP Kemenpan RB Tahun 2021

Kamis, 15 Juli 2021 15:58

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, memaparkan inovasi GESIT-19, di hadapan tim panelis Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP), Kamis, 15 Juli 2021. GESIT-19 merupakan inovasi yang diciptakan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Sulsel, yang dipimpin Jayadi Nas.

Andi Sudirman dalam pemaparannya, menjelaskan, GESIT-19 merupakan Gerai Pelayanan Sektor Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulsel. GESIT-19 sendiri ini akan ada di 19 kabupaten/kota yang merupakan daerah pesisir laut atau kepulauan.

“Perjanjian kerjasamanya ditandatangani tahun 2019. Yang unik, mengurus perizinan untuk sektor perikanan dan kelautan, hanya butuh waktu sekitar 19 menit,” ujarnya.

Sebelum adanya inovasi ini, lanjut Andi Sudirman, kerap menjadi masalah jika kewenangan dari kabupaten kota ditarik ke pemerintah provinsi. Ia mencontohkan, nelayan yang dari Sinjai, yang jaraknya sekitar 220 kilometer ke Kota Makassar, menghabiskan biaya yang cukup besar. Mulai dari penginapan hingga operasional. Jika dihitung-hitung, butuh biaya Rp 3.750.000.

“Kadang juga terjadi pungli sepanjang pengurusan. Terjadi aktivitas ilegal kelautan dan perikanan, karena sulitnya izin keluar,” terangnya.

Di masa pandemi Covid-19 ini, lanjutnya, inovasi ini sangat dibutuhkan. Karena mencegah terjadinya potensi cluster, ketika mereka dari kota dan kembali ke daerah. Selain itu, meningkatkan pendapatan nelayan di sektor ril.

“Melalui inovasi ini, kita mendekatkan sistem pelayanan perizinan karena loketnya ditempatkan di daerah, walaupun kewenangannya ditarik ke provinsi. Selain itu, memberdayakan SDM lokal. Terobosan ini akan diduplikasi ke daerah lainnya,” pungkasnya.

Bagikan berita ini:
1
4
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar