Reza Rahadian Usulkan Usmar Ismail Jadi Pahlawan Nasional

Kamis, 15 Juli 2021 22:14

Aktor, Reza Rahadian

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Gelaran Festival Film Indonesia (FFI) 2021 resmi dimulai. Hari ini diumumkan jajaran komite terbarunya. Aktor Reza Rahadian didapuk menjabat sebagai Ketua Umum FFI untuk periode 2021-2023. Sementara Garin Nugroho didaulat menjadi Ketua Bidang Penjurian.

Yang menarik dari gelaran FFI tahun ini, di samping acaranya, juga menjadi momen untuk mengusulkan Usmar Ismail sebagai Pahlawan Nasional. Hal itu yang menjadi landasan kenapa malam penghargaan akan digelar pada 10 November 2021, bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional.

Usmar Ismail memang dikenal sebagai tokoh film nasional yang melahirkan Festival Film Indonesia dan kiprahnya telah diakui perfilman dunia. Namun yang menggelitik adalah mengapa FFI tertarik mengusulkan Usmar Ismail sebagai Pahlawan Nasional?

Terkait pertanyaan di atas, Reza Rahadian memberikan jawabannya. Ia mengatakan usulan ini sebenarnya bukan cuma datang dari FFI, tapi juga muncul dari luar. Hal itu terlihat dalam perayaan 100 tahun Usmar Ismail.

“Itu sebenarnya waktu perayaan 100 Tahun Usmar Ismail, Mas Riri kan terlibat aktif ya di sana. Saya juga dimintai video buat ucapan gitu,” kata Reza Rahadian, Kamis (15/7/2021).

“Saya melihat gerakan ini juga, dulu saya sempat ketemu sama anaknya Pak Usmar alharhum, sekarang sudah meninggal dunia. Beliau bicara langsung bilang ke saya sangat mengharapkan dukungan dari insan film bahwa jasa Usmar Ismail jasanya luar biasa besar. Dia bukan hanya Bapak Perfilman Nasional,” imbuhnya.

Bagikan berita ini:
9
4
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar