Kasus Covid-19 di Sulsel Bertambah 739, Program Pemkot Makassar Diduga Beri Kontribusi

Jumat, 16 Juli 2021 22:34

Ilustrasi. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kasus COVID-19 yang terkonfirmasi per Jumat (16/7/2021) bertambah 739. Kasus sembuh sebanyak 284 dan sebanyak 12 jumlah kasus yang meninggal.

Kepada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammadong, mengatakan, salah satu penyebab dari meningkatnya kasus terkonfirmasi di Sulsel adalah meningkatnya testing dan tracing di Kota Makassar.

Misalnya kata dia, program pemerintah Kota Makassar seperti Hunter COVID-19 ataupun Detektor COVID-19 membuat pemeriksaan jadi lebih banyak. Sehingga kasus yang terkonfirmasi juga ikut meningkat.

“Karena di periksa dan di cari sehingga yang didapat juga banyak,” katanya, Jumat, (16/7/2021).

Ia menegaskan, pentingnya penerapan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi di masyarakat agar terbentuk herd immunity.

Lebih lanjut kata dia, kasus di Sulsel dapat mencapai ribuan jika tidak ada disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi berjalan lamban.

“Kemungkinan terjadi peningkatan jika nanti pada saat acara Iduladha ini tidak disiplin menegakkan protokol kesehatan, tidak mudik dan sebagainya,” tuturnya.

Menurutnya, perlu keterlibatan dalam lintas sektor untuk memberi pemahaman bersama-sama kepada masyarakat, supaya tingkat kesadaran dan antisipasi masyarakat bisa lebih baik.

“Seperti Kementerian Agama bisa barangkali memberi khotbah seragam tentang covid-19 ini. Bagaimana pendekatan agamanya bisa dilakukan. Kita juga butuhkan edukasi yang baik dan tepat,” pungkasnya.

Bagikan berita ini:
3
7
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar