Nikmatnya Mencicipi Seduhan Kopi Kahayya di Tengah Sawah

Jumat, 16 Juli 2021 20:10

FOTO: DOK.FAJAR

FAJAR CO.ID, BULUKUMBA — Kabupaten Bulukumba juga memproduksi kopi. Namanya Kopi Kahayya.

Tim Jelajah Wisata Infrastruktur dan MG Invasion 2021 Sulsel-Sulbar akhirnya bisa mencicipi kopi yang tumbuh di atas Gunung Donggia, dengan Ketinggian 1400 Mdpl itu.

Warga yang mengubah lahan persawahan menjadi cafe di Dusun Bontomanai, Kelurahan Borongrappoa, Kecamatan Kindang, menyediakan.

Darwis memberikan tempat usahanya, Cafe Sawah. Ia meracik dengan cara manual. Agar lebih nikmat, gula aren pemanisnya. Rasa asam dan manisnya sangat terasa di lidah dan tenggorokan.

Di tempat ini, ia menyediakan banyak spot untuk berswafoto. Lahan seluas 20 are yang diubah menjadi tempat wisata yang banyak diminati anak muda mudi.

“Jadi ini terpikirkan waktu kita sering istirahat di rumah sawah sambil menikmati kopi. Kenapa tidak mencoba membuat cafe. Hingga akhirnya pada tahun 2017 bahan yang ada kita manfaatkan. Dibuat kolam dan beberapa pondok,” kata lelaki berusia 31 tahun itu.

Pekerjaannya memang cukup lama, hampir dua tahun, Cafe Sawah baru bisa buka. Untuk bisa berfoto di sana, Darwis memasang tarif Rp2000 per orang. “Uang ini jugalah yang membantu sampai tempat ini bisa seperti sekarang,” ucapnya.

Darwis memang membuat beberapa rumah jamur untuk tempat duduk. Di bawahnya ada kolam ikan nila. Bahkan membuat dua kolam ikan koi. “Keren tawwa, suasananya kayak di Jawa Barat. Mana cuacanya adem sekali,” ucap Sudarmadji. (ans)

Bagikan berita ini:
6
6
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar