Plt Gubernur Sulsel Imbau Salat Iduladha di Rumah bagi Zona Berbahaya

Jumat, 16 Juli 2021 14:04

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman telah mengeluarkan surat edaran terkait pelaksanaan salat Iduladha tahun 1442 H / 2021 Masehi.

Berdasarkan SE tersebut, disebutkan, pelaksanaan takbir, tahlil, tahmid dan tasbih pada malam Iduladha dapat dilakukan di masjid dengan zona yang diizinkan. Sedangkan zona yang dinilai berbahaya, dianjurkan di rumah.

“Takbir, Tahlil, Tahmid, Tasbih pada malam Iduladha sebagai tanda syukur sekaligus do’a agar wabah covid-19 segera diangkat oleh Allah Subhanahu Wataala’ di Masjid/Mushalla pada zona yang diizinkan atau di rumah masing masing,” keterangan Sudirman, dalam surat edarannya, yang dikutip Fajar.co.id, Jumat, (16/7/2021).

Untuk pelaksanaan Iduladha di masjid atau lapangan terbuka dilakukan dengan jumlah terbatas pada kapasitas 30 persen dan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. “Jika dilaksanakan di masjid dapat menambah kapasitas masjid dengan memanfaatkan pekarangan masjid untuk memenuhi kapasitas 30%,” imbuhnya.

Dalam surat edaran tersebut juga dikatakan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh panitia kurban dan pembagian daging diantar langsung oleh panitia ke rumah para penerima.

Kebijakan itu tertuang dalam SE dengan nomor 451.11/6812/B.Kesra tertanggal 9 Juli 2021 dengan merujuk pada Surat Edaran Menteri Agama RI No. 16 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Pelaksaanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di luar wilayah PPKM Darurat. (selfi/fajar)

Bagikan berita ini:
5
3
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar