Penjaga Pasien Bermalam di Emperan, Begini Penjelasan Manajemen Rumah Sakit

Sabtu, 17 Juli 2021 18:04

IST

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Pelayanan di RSUD Lamaddukkelleng Sengkang kembali menyita perhatian publik. Itu setelah menyebar bahwa sejumlah penjaga pasien bermalam di emperan.

Hal itu diungkapkan Ketua Pelita Hukum Independen (PHI) Wajo, Sudirman, berdasarkan hasil investigasinya di RSUD Lamaddukkelleng, Kamis malam, 15 Juli 2021.

“Banyak pasangan suami istri (Pasutri) merupakan penjaga pasien bermalam di emper bangunan RS,” ujarnya, Jumat, 16 Juli 2021.

Pihaknya cukup menyayangkan kejadian itu. Sebab dari beberapa penjaga pasien tersebut, terdapat sejumlah ibu yang sudah melahirkan. Ada melahirkan secara normal dan bedah caesar.

“Mereka harusnya berada di lingkungan yang kondusif untuk kesehatannya. Apalagi ibu yang melahirkan operasi caesar,” tuturnya.

Kepala Seksi Keperawatan RSUD Lamaddukelleng, Kamariah tidak menampik adanya sejumlah pasutri bermalam di emperan. Mereka bersikeras menunggu buah hatinya yang sedang dirawat di Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Sementara, berdasarkan aturan RS. Pasien yang telah dinyatakan sehat, membaik. Sudah seharusnya dipulangkan, namun tidak ditaati. Di sisi lain, di tengah pandemi Covid-19, dilakukan pembatasan kapasitas ruangan.

“Mereka seharusnya pulang. Ibu dan penjaga pasien sudah kita minta pulang, tapi tidak mau. Padahal kami sudah sampaikan kalau Air Susu Ibu (ASI)-nya di butuhkan pasti diinformasikan,” terangnya.

Bahkan, petugas RS sudah beberapa kali mengarahkan ke tempat lebih layak yang tersedia. Ada 2 unit gazebo dan 1 unit ruang tunggu didekat musala.

Bagikan berita ini:
2
9
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar