Permintaan Plasma Konvalesen Membeludak, PMI Makassar Ajak Penyintas Berdonor

Minggu, 18 Juli 2021 13:51

IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — PMI Kota Makassar masih kewalahan menyediakan stok plasma darah konvalesen dari Rumah Sakit. Hingga hari ini mereka sudah mendapatkan permintaan untuk 46 pasien.

Plasma konvalesen sendiri merupakan alternatif program penyembuhan covid-19 dengan memanfaatkan plasma darah dari penyintas covid-19.

Plasma konvalesen dapat diperoleh dari seorang penyintas Covid-19 yang telah sembuh dalam kurun waktu sekitar 3 bulan.

Dalam kurun waktu itu, penyintas telah membentuk antibodi di tubuhnya setelah sembuh. Kemudian, antibodi itu akan disimpan dalam plasma darah orang tersebut.

Tingginya angka penyebaran covid-19 di Indonesia turut membuat permintaan plasma darah konvalesen menjadi tinggi pula. PMI Kota Makassar pun mengaku masih keteteran memenuhi permintaan.

Olehnya, PMI mengimbau kepada para penyintas covid-19 untuk mau mendonorkan plasma darahnya ke PMI Kota Makassar.

“Saya kira kami mengimbau kepada saudara-saudara penyintas untuk mau berdonor plasma konvalesennya, sampai hari ini kami mendapat permintaan 46 pasien,” ujar Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Makassar, Khudri Arsyad, Minggu (18/7/2021).

“Jadi mudah-mudahan saudara-saudara penyintas bisa berbagi dan menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan plasma konvalesen di Rumah Sakit. Setiap hari minimal ada 3 yang masuk permintaan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Kata Khudri, Permintaan plasma konvalesen di PMI Kota Makassar tak hanya dari kota Makassar saja, melainkan dari sejumlah daerah di Indonesia Timur.

Bagikan berita ini:
9
2
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar