Sindir Aksi Blusukan Jokowi, Refly Harun: Sebenarnya Kelas Jokowi Itu adalah Walikota

Minggu, 18 Juli 2021 11:20

Refly Harun (Istimewa)

FAJAR.CO.ID – Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun blak-blakan menyindir aksi blusukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan sembako dan obat pada warga Jakarta.

Mengamati fenomena tersebut, Refly Harun menilai taraf sang presiden masih sama seperti seorang wali kota, meski saat ini Jokowi telah duduk di Istana.

Hal tersebut diungkapkan Refly Harun dalam video yang diunggah di kanal YouTube miliknya.

Refly Harun menilai, aksi blusukan lebih cocok dilakukan oleh pemegang kekuasaan wilayah tertentu jika ditinjau dari prinsip otonomi daerah.

“Sebenarnya kelas Jokowi itu adalah wali kota, tapi wali kota yang masuk ke Istana. Kenapa begitu? Karena perilakunya masih seperti seorang wali kota,” jelas Refly Harun, Sabtu (17/07/2021).

“Kalau kita bicara unit-unit pemerintahan, maka kita bisa mengatakan, ya blusukan itu cocok kalau dia wali kota. Karena tentu dia blusukan di satu area di pemerintahannya,” sambungnya.

Bahkan menurut Refly Harun, sekelas gubernur pun tidak dalam kapasitasnya melakukan aksi blusukan di tengah masyarakat.

Hal ini dikarenakan saat gubernur turun ke lapangan, dia pasti akan bertabrakan dengan kepala daerah lainnya, seperti wali kota dan bupati, kecuali jika gubernurnya adalah gubernur DKI Jakarta.

“Gubernur, tergantung, kalau Gubernur DKI yang blusukan mungkin bisa, karena satu daerah itu adalah wilayah pemerintahannya,” ungkap Refly Harun.

“Tapi kalau gubernur provinsi lain, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur misalnya, kalau blusukan pasti akan berimpit dengan kepala daerah lainnya,” lanjutnya.

Bagikan berita ini:
10
3
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar