Zainut Tauhid Sa’adi Nilai Peran Tokoh Agama Penting dalam Sosialisasi PPKM Darurat

  • Bagikan
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi. Foto: Mesya/JPNN.com

Begitu juga penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan disiplin protokol kesehatan, baik rumah pemotongan hewan atau di lapangan terbuka yang tidak menimbulkan kerumunan.

"Semua ini tujuannya adalah melindungi masyarakat dari potensi penularan yang semakin luas," ucap Zainut Tauhid.

Hal itu menurut dia sesuai dengan tujuan diturunkannya syariat Islam atau maqashid as-syari'ah. Yaitu, melindungi jiwa manusia yang merupakan kewajiban utama dalam beragama.

Sementara itu, Ketua Umum DDII Adian Husaini mengatakan pandemi Covid 19 adalah masalah bersama. Sehingga, dibutuhkan kerja sama dan sinergi yang baik. Dia menyebut pimpinan ormas Islam hendaknya memiliki bahasa yang sama dalam menjelaskan kepada umat agar mereka tidak bingung.

Apalagi banyak beredar di media sosial pro kontra terkait dengan Covid-19. Ketua Umum PP Hidayatullah KH Nashirul Haq mengaku telah berkoordinasi dengan seluruh jajaran pimpinan di daerah dalam penerapan SE Menteri Agama.

"Insyaallah di lapangan tidak ada masalah, memang penerimaan masyarakat beragam, untuk hal tersebut perlu ada kebijakan dalam penerapannya," ucap Kiai Nashirul. (jpnn/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan