Perpanjang PPKM Darurat, Ganjar Pranowo Minta Pusat Dengarkan Suara Rakyat

  • Bagikan

Oleh karena itu, dia mengusulkan agar padagang kecil, termasuk mereka yang berjualan di trotoar, tetap diperbolehkan melayani makan di tempat. Asal semua tetap berkomitmen mematuhi prokes ketat.

“Misalnya, boleh makan di situ, tapi dikasih jarak dengan gambar silang-silang,” ucapnya.

Kemudian untuk mal, Ganjar juga mengusulkan agar tetap boleh dibuka dengan prokes sangat ketat. Pengunjung wajib pakai masker dan jumlahnya pu dibatasi. Jika kedapatan tidak menerapkan ketentuan itu, maka mal harus langsung ditutup.

Namun, jika memang pemerintah tetap akan mengambil keputusan perpanjangan PPKM darurat dengan model yang sudah ada seperti sekarang ini, kata Ganjar, harus ada upaya pendataan dan penyiapan kekuatan untuk membantu masyarakat tetap di rumah. Pilihannya adalah menyiapkan bantuan untuk masyarakat.

“Ndak ada yang lain, pilihannya hanya itu (pemberian bantuan). Di luar itu, saya kira akan ada respons yang mungkin sangat noise di publik,” tegasnya.

Lantas, persiapan pemprov terkait perpanjangan PPKM darurat ini? Diungkapkan Ganjar, pemprov telah menyiapkan skenario refocusing. Termasuk mengajak bupati, wali kota, hingga lurah dan kades untuk melakukan hal serupa. Namun, pihaknya masih melihat kondisi di lapangan, karena bantuan dari pusat dan kabupaten sudah ada yang diberikan. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan