PPKM Tanpa Jaminan Sosial untuk Masyarakat Prasejahtera Bakal Jadi Momok Baru

Senin, 19 Juli 2021 22:15

“Untuk wilayah Sulawesi Selatan (Makassar), program Wisata Covid yang memberi layanan isolasi mandiri di hotel untuk yang bergejala ringan dan perawatan di rumah sakit bagi yang bergejala berat perlu kembali diaktifkan, bahkan urgen untuk ditingkatlan kapasitasnya,” tegas Aggota Aktif Masyarakat Fisika Amerika Serikat (American Physical Society) itu.

Dana yang diperlukan tentu tidak sedikit, bahkan bisa melampaui kapasitas dana pemerintah. Salah satu solusi yang dapat ditempuh adalah dengan gerakan solidaritas masyarajat secara kptimal. Bagaimana wujudnya?

“Saat pemerintah memberlakukan PPKM atau PSBB, yang menjadi keniscayaan, maka harus ada jaminan sosial bagi segmen masyarakat yang terdampak (kelas menengah ke bawah), yang pendapatannya berbasis pada kerja harian,” tuturnya.

Selama ini, implementasi PSBB atau PPKM di sejumlah wilayah, mendapat resistensi dari masyarakat akibat tidak adanya atau kurangnya jamnian sosial kepada segmen masyarakat bawah.

“PPKM justru akan menimbulkan masalah baru jika tidak ada jaminan sosial yang disiapkan pada masyarakat prasejahtera. Padahal, PPKM atau PSBB (Pembatasan Sosial berskala besar) yang pernah dilakukan sebelumnya saat gelombang pertama pandemik tahun lalu menjadi sangat urgen di tengah ancaman kemungkinan tsunami pandemik,” kata Prof Tasrief.

Bagikan berita ini:
2
8
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar