PPKM Tanpa Jaminan Sosial untuk Masyarakat Prasejahtera Bakal Jadi Momok Baru

Senin, 19 Juli 2021 22:15

Menurutnya, gerakan solidaritas masyarakat secara optimal harus dapat didengungkan sebab harus diakui, pemerintah akan sangat kesulitan jika harus menanggung sendiri gelombang covid yang bertubi tubi. Ujung-ujungnya masyarakat sendiri yang akan jadi korban.

Pertanyaan krusial dibalik gagasan ini adalah, kerelaan masyarakat (menengah ke atas) untuk berpartisipasi. Ini suatu hal yang tidak mudah, sebab pada saat yang sama diperlukan tingkat kepercayaan masyarakat secara absolut ke pemerintah.

Tanpa itu, gagasan menggalang solidaritas masyarakat secara masif, dimana masyarakat menengah ke atas dapat membantu pemerintah, akan sebatas menjadi wacana sajadan sulit diiplementasikan.

“Di sinilah urgensi dari kehadiran sosok pemimpin pada setiap aras (level) yang dipatuhi oleh rakyat dalam pepatah Melayu lama, raja adil raja disembah, raja zalim raja disanggah. Semoga saja pemerintah dan masyarakat dapat bahu membahu dalam menghadapi gelombang Covid ini,” jelasnya.

Konsistensi menjalankan protokol kesehatan yang lazim disebut sebagai 5M, dimana 2M terakhir adalah menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas harus dibarengi dengan kepatuhan terhadap PPMM.

Bagikan berita ini:
7
2
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar