Tito Karnavian Menegur, Insentif Nakes Cair

Senin, 19 Juli 2021 11:59

mendagri-tito-karnavian

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Insentif bagi tenaga kesehatan (nakes) segera dibayarkan. Targetnya, pencairan insentif nakes senilai total Rp18 miliar, cair Senin, 19 Juli, hari ini.

Pencairan insentif nakes menindaklanjuti atensi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Sebelumnya, Mendagri telah mengirimkan surat teguran tertulis kepada 19 provinsi yang realisasi dana penanganan Covid-19 masih minim. Termasuk Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel)

Kepala Inspektorat Sulsel, Sulkaf S Latif, mengungkapkan, hasil review, insentif nakes sudah bisa dirampungkan, hari ini. Meski masih tersisa RSUD Labuang Baji, yang data pendukungnya belum lengkap.

“Insyaallah besok (hari ini, Red) bisa rampung hasil reviewnya,” kata Sulkaf, Minggu, 18 Juli.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari, menjelaskan, pembayaran nakes yang sudah diajukan pihak rumah sakit mencapai Rp8 miliar lebih. Rumah sakit yang telah mengajukan pencairan insentif nakesnya antara lain, RSUD Sayang Rakyat, RSKD Dadi, RSUD Haji, dan RSUD Labuang Baji.

Kata Ichsan, keterlambatan disebabkan karena menunggu hasil verifikasi dari tim verifikator fasilitas pelayanan kesehatan yang bersangkutan dan verifikator Dinas Kesehatan. “Telah kami ajukan ke Inspektorat Daerah untuk direview dan ke BKAD untuk proses selanjutnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sulsel, Muhammad Rasyid mengungkapkan, pihaknya sudah membayarkan biaya untuk program penanganan Covid-19 senilai Rp79 miliar lebih.Sementara untuk insentif nakes, segera dibayarkan jika telah diverifikasi. “Masih dalam proses. Harus diverifikasi dulu oleh APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah, Red),” jelas Rasyid.

Bagikan berita ini:
10
6
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar