Varian Delta Menyebar di Sulsel, Dinas Kesehatan Sebut Berasal dari Pekerja Apartemen

Senin, 19 Juli 2021 17:24

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari (Foto: Selfi/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Varian delta telah menyebar di wilayah Sulawesi Selatan. Varian ini disebut menjadi salah satu penyebab meningkatnya kasus di Sulsel.

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Muhammad Ichsan Mustari mengatakan, varian delta mudah menyebar tapi tingkat kematian rendah.

“Varian delta kelebihannya dia mudah menyebar tapi tingkat kematian rendah. Cuma karena banyak yang kena, tentu persentase kematian juga tinggi,” katanya ketika ditemui di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi, Senin, (19/7/2021).

Ia menjelaskan, berdasarkan surat dari Kementerian Kesehatan, terdapat 10 yang terkonfirmasi varian delta di Sulsel. Selain itu kata dia, penanganan varian delta sama saja dengan COVID-19 pada umumnya.

“Samaji penanganannya sama isolasi. Tidak ada ji perbedaan penanganan, cuma delta cepat nyebar,” ujarnya.

Lanjut kata dia, penyebaran COVID-19 itu berasal dari para pekerja proyek apartemen di kota Makassar beberapa waktu lalu. Dimana para pekerja tersebut didatangkan dari Jawa.

Sebelumnya, Ketua Tim Ahli Pengendalian Covid-19 Sulsel, Ridwan Amiruddin menyebutkan, varian baru inilah yang kemudian meningkatkan kasus COVID-19 di Sulsel.

“Saya sudah memprediksi bahwa akan sampai ke angka seribu juga. Sehingga harus juga dilakukan antisipasi. Kalau ini dibiarkan maka PPKM mikro darurat Jawa-Bali akan diberlakukan di Sulsel juga,” tuturnya. (selfi/fajar)

Bagikan berita ini:
2
10
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar