Ngaku ASN Damkar Makassar dan Menipu, Begini Akhirnya…

Selasa, 20 Juli 2021 18:24

Lelaki berinisial IS tidak berkutik saat ditangkap Tim Resmob Polsek Ujung Pandang

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Lelaki berinisial IS tidak berkutik saat ditangkap Tim Resmob Polsek Ujung Pandang, karena melakukan penipuan di sejumlah wilayah di Makassar.

Tak tanggung-tanggung, pria yang berusia 39 tahun itu mengaku sebagai aparatur sipil negara (ASN) di Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar.

IS beraksi dengan cara memeriksa atau pun menukarkan alat pemadam kebakaran ringan di perkantoran swasta, dan meminta ongkos hingga jutaan rupiah kepada korban.

“Pelaku mengaku sebagai ASN dari Dinas Damkar Makassar yang ditugaskan untuk memeriksa alat proteksi pemadam kebakaran atau APAR, dan meminta nilai pembayaran bervariasi guna penukaran tabung tersebut,” kata Kanit Reskrim Polsek Ujung Pandang, Iptu Pandu, Selasa (20/7/2021).

Proses penangkapan warga di Jalan Toddopuli pun terbilang sangat mudah bagi aparat, dengan cara polisi menyamar sebagai pemesan Apar.

“Anggota berpura-pura memesan dua buah APAR kemudian kita minta dibawa ke Jalan Veteran Utara. Di sana kami meringkusnya bersama sejumlah barang bukti,” ungkapnya.

Dari hasil penangkapan, lanjut perwira polisi dua balok ini, ditemukan barang bukti seperti sebuah stempel, kwitansi, baju kaos berlogo Damkar Makassar yang semuanya adalah palsu.

Pelaku mematok tarif kepada korban mulai Rp450 ribu hingga Rp1 Juta untuk sekali pergantian Apar.

“Hal ini kemudian membuat pelapor dalam hal ini pihak Damkar Makassar resah, karena menimbulkan ketidakpercayaan warga ke dinas terkait,” ujar Pandu.

Bagikan berita ini:
3
8
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar