AHY Disandingkan dengan Airlangga Hartarto, M Qodari: Agak Halu, Jangan Samakan SBY

Rabu, 21 Juli 2021 13:30

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoy...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Sosok calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) sudah ramai diperbincangkan.

Salah satu nama yang mencuat adalah Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Elektabilitas AHY juga menjadi ulasan berbagai lembaga survei.

Hasil survei Lembaga Penelitian Pendidikan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) menyatakan bahwa elektabilitas AHY berada di angka 8,8 persen.

Selain itu, menurut Nyari Presiden (Nyapres 2024) AHY meraih hasil survei sebesar 40,44 persen sebagai Capres.

Di sisi lain, Lembaga Analis dan Konsultan Politik Indonesia, Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) hanya menyebutkan AHY punya kesempatan 15,51 persen.

Ada pula hasil suara dari Voxpol Center menyatakan anak Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) punya elektabilitas sebesar 12,5 persen.

Elektabilitas AHY bukan tanpa tantangan. Pencalonan AHY yang disandingkan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinyatakan tidak masuk akal.

Hal ini seperti disebutkan oleh Direktur Indo Barometer M Qodari.

“Sebenarnya agak halu atau halusinasi kalau menyebut pasangan AHY dengan Airlangga itu mengulangi kejayaan SBY dan JK ya. Karena elektabilitas AHY itu jauh berbeda dengan SBY di tahun 2004 yang lalu,” kata Qodari dikutip GenPI.co pada Rabu (21/7/2021).

Qodari juga menyatakan bahwa AHY punya peluang menang yang berat. Ia justru tidak menyarankan Golkar tidak menyandingkan ketuanya dengan AHY karena popularitas AHYsendiri terbilang tanggung.

Bagikan berita ini:
6
6
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar