Belum Cair, Insentif Nakes 2021 Sulsel Menunggak Setengah Tahun

Rabu, 21 Juli 2021 20:51

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Inspektorat Sulawesi Selatan, Sulkaf S Latief.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Insentif tenaga kesehatan (nakes) untuk tahun 2021 di Sulsel belum dibayarkan sejak Januari hingga saat ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Inspektorat Sulawesi Selatan, Sulkaf S Latief mengatakan, yang telah melewati tahap review baru insentif nakes tahun 2020. Sedangkan review nakes tahun 2021 belum sama sekali.

“Untuk insentif nakes 2021 pengajuannya dalam rapat kemarin itu teman-teman Dinkes (Dinas Kesehatan) akan mengajukannya ke BKAD (Badan Keuangan dan Aset Daerah) untuk 3 bulan lagi,” katanya, ketika ditemui di Kantor Gubernur, Rabu (21/7/2021).

Ia menjelaskan, pihak Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) akan kembali melakukannya review jika BKAD meminta.

“Tergantung kerjasamanya semua. Kalaupun nanti di BKAD minta kami review, ya kami lakukan. Paling lambat tiga hari selesai di kami, kalau semua persyaratan dokumen lengkap. Kalau tidak lengkap, harus kami tunggu lagi lengkapnya,” jelas Sulkaf.

Lanjut kata Sulkaf, keterlambatan pembayaran insentif tahun 2021 sebenarnya karena adanya kebijakan refocusing 8 persen dari pemerintah pusat beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari mengakui insentif nakes tahun 2021 belum masuk tahap review. Pasalnya kata dia, laporannya masih ditangani oleh internal Dinas Kesehatan.

“Kalau 2021 ini bolak-balik. Karena laporannya ke Dinas itu bolak-balik. Diubah lagi. Jadi belum sempat di review 2021,” ujarnya.

Bagikan berita ini:
9
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar