Ini Penyebab Mafia Tanah Bisa Berulah, Jangan Sampai Ada Celah

  • Bagikan

Daniel Adityajaya menjelaskan jika mafia tanah tidak jauh dari masalah sengketa dan konflik. Namun, mereka menggunakan cara-cara yang melanggar hukum dan biasanya dilakukan oleh sekelompok orang secara terencana, rapi, dan sistematis. "Jika para pelaku tidak memiliki cara yang terencana, rapi, dan sistematis, maka tidak mungkin bisa masuk ke dalam kategori mafia sehingga ini diperlukan keahlian tersendiri. Maka Kementerian ATR/BPNmelakukan penanganan yang serius dalam memberantas mafia tanah tersebut," tuturnya.

Dalam menyikapi permasalahan yang terjadi terkait mafia tanah tersebut, Kementerian ATR/BPN mengambil tindakan cepat dengan melakukan kerja sama dengan lembaga hukum terkait. Selain itu, Kementerian juga membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Mafia Tanah dalam upaya untuk menumpas mafia tanah yang ada di Indonesia. Menurutnya, hal itu menjadi concern utama bagi Kementerian ATR/BPN.

"Dimulai dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian ATR/BPN dengan Polri di tahun 2017 dan nanti akan dilakukan juga MoU dengan Kejaksaan Agung yang secara umum bekerja sama di bidang pertanahan dan tata ruang serta hingga kini diperkuat dengan terbentuknya satgas mafia tanah," ujar Daniel Adityajaya. (mcr10/jpnn)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan