Kemenkeu Siapkan Rp10 Triliun untuk Bantu Pekerja yang Kena PHK

Rabu, 21 Juli 2021 20:36

Foto : Iwan Tri wahyudi/ FAJAR INDONESIA NETWORK : Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah kembali menyiapkan anggaran sebesar Rp10 triliun, untuk pelaksanaan program subsidi gaji bagi para pekerja yang dirumahkan, maupun pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Darurat.

Hal itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dalam konferensi pers APBN Kita, Rabu (21/7) secara virtual.

“Jadi kita akan menutup (sebagian penghasilan) bagi yang kena PHK dan penurunan jam kerja. Anggarannya Rp 10 triliun, untuk menambah (penghasilan) mereka yang terkena PHK,” ungkap Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, pembatasan aktivitas dan mobilitas masyarakat membuat ‘roda’ ekonomi bergerak lambat. Diakuinya sektor usaha harus putar otak untuk bertahan hidup. Salah satu caranya adalah dengan melakukan efisiensi beban, termasuk di aspek Sumber Daya Manusia.

Subsidi gaji ini, lanjut Sri Mulyani, masih dalam tahap finalisasi yang akan rampung beberapa hari ke depan.

“Kita sedang membahas dengan Kemenko Perekonomian dan Kemenaker untuk membantu segmen kelompok pekerja yang dirumahkan dan yang jam kerjanya menurun,” pungkasnya. (fin)

Bagikan berita ini:
9
10
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar